Jumat, 05 Maret 2010

Resep Makanan untuk penderita Diabetes

. Jumat, 05 Maret 2010

        Apakah anda atau rekan anda ada yang menderia Diabetes?? Jika ada mungkin arikel berikut ini dapat membantu anda atau rekan anda dalam memilih makanan yang tepat untuk penderita diabetes. Sepeti yang kita ketahui penderita diabetes tidak boleh mengkonsumsi sembarang makanan. Karena aka mempengaruhi kesehatan si penderita tersebut. Nah… ga usah basa-basi lagi, langsung say abaca artikel  resep makanan untuk penderita diabetes dibawah ini.



Telur isi
Bahan : Telur ayam 5butir, wortel 100 gram, daging ayam giling 50 gram, dan daun seledri 10 gram.

Bumbu halus : Ketumbar ½  sendok the, merica bubuk ¼ sendok the, dan garam secukupnya.

Bahan tepung : Tepung terigu 100 gram, air 100 ml, garam secukupnya, dan minyak goring untuk menggoreg.

Cara membuat : Telur direbus, setelah natang dibelah menjadi 2. Bagian kning telur dikeluarkan dan dicampurkan dengan daging ayam, wortel yang sudah dipotong kotak kecil, seledri, dan bumbu halus hingga menjadi suatu adonan. Adonan dibagi menjadi sepuluh bagian. Setiap adonan dimasukkan ke dalam telur. Dalam wadah yang terpisah, aduk bahan tepung. Celupkan satu per satu telur ke dalam adonan tepung lalu digoreng dalam minyak yang tidak terlalu panas sampai kecoklatan.Resep ini dibuat untuk seppukuh porsi.



Ikan Tenggiri Acar Kuning
Bahan : ikan tenggiri 500 gram, air jeruk nipis 1 sendok makan, garan 1 sendok the, buncis 200 gram diiris-iris, nenas 200 gram diiris-iris, bawang merah 8 siung diiris tipis, cabai merah 4 buah diiris-iris,cabai rawit 10 buah, jahe 1 ruas jari dimemarkan, serai 1 tangkai dimemarkan, air 200 ml, cuka 2 sendok makan.

Bumbu halus : Bawang putih 3 siung, kemiri 5 butir, dan kunyit 1 ruas jari.

Cara membuat :  Lumuri ikan dengan air jeruk dan garam, lalu biarkan selama 15 menit. Setelah itu ikan digoreng hingga matang dan sisihkan. Haluskan bumbu halus. Tumis bumbu halus dengan dua sendok makan minyak sisa menggoreng ikan hingga harum. Tambahkan serai, bawang merah, cabai merah, dan cabai rawit. Aduk semua bumbu hingga rata, kemudian masukkan air dan didihkan. Masukkan buncis, nenas, garam, dan cuka, lalu didihkan kembali. Tambahkan ikan, lalu biarkan sebentar. Resep ini untuk sepuluh porsi.


 Es Ceria
Bahan : melon 200 gram dipotong-potong, sagu mutiara 100 gram, agar-agar merah 1 bungkus, agar-agar cokelat 1 bungkus, kelapa muda 1 buah, susu non-fat sebanyak 10-20 ml air, dan sirup merah diet 8 sendok makan.

Cara membuat : sagu mutiara direbus hingga matang. Daging kelapa muda dikerok. Agar-agar dimasak  hingga mendidih, lalu tuangkan kedalam oyang dan dinginkan. Setelah dingin dan membeku, agar-agar dipotong dadu.

Cara menyajikan : Melon, agar-agar, kelapa muda, dan sagu mutiara dimasukkan ke dalam mangkuk atau gelas koktail. Tambahkan susu non-fat dan sirup diet. Resep ini untuk delapan porsi.

               Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda yang terkena penyakit Diabetes Militus, dan akan lebih baik lagi jika anda mengatur menu-menu anda sehari-hari dengan sangat baik. Menu-menu makanan juga akan saya bahas dalam artikel MENU MAKANAN UNTUK PENDERITA PENYAKIT DIABETES MILITUS.
Selamat mencoba...!!! jangan lupa comment yaa,,

1 komentar:

gRacie gRacie mengatakan...

thx yah infonya. mamaq skrang lg menderita diabetes. in info keren bgt bwat beliau... thanks

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
{nama-blog-anda} is proudly powered by Blogger.com | Template by Agus Ramadhani | o-om.com